kemampuan hard skills (sesuai bidang yang kamu pelajari) gak akan cukup lho saat kamu memasuki dunia kerja. kamu perlu kombinasikan hardskills dan softskills yang telah kamu miliki.
kenapa gitu min ?
softskils sendiri diartikan sebagai keterampilan yang berkaitan sama kepribadianmu sendiri, contohnya kreativitas, beradaptasi & bersosialisasi, jujur dan sebagainya
rasa ingin tahu yang tinggi dan banyak lagi. HRD juga akan lebih banyak mempertimbangkan keterampilan softskills saat merekrut orang karena berkaitan akan kamu bekerja yang pastinya akan bertemu dan koordinasi dengan orang lain. lalu. apa saja sih softskiils yang diperlukan untuk bersaing didunia kerja dan bisa berlaku sampai tahun 2022 ? yuk kita bahas detailnya
1. KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH YANG RUMIT (COMPLES PROBLEM-SOLVING)
kemampuan yang pertama kamu diharuskan bisa mengidentifikasi masalah yang terjadi, review serta menyusun informasi yang terkait dengan masalah yang ada, lalu mengelola informasi tersebut sebagai jalan keluar atau tidaknya, dan bisa mengimplementasikannya sampai mengevaluasi langkah-langkah apa saja yang telah dipilih
contoh : rapat kerja tim
2. BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS (CRITICAL THINGKING AND ANALYSIS)
kemampuan berfikir kritis dan analisis = kemampuan memecahkan masalah. saat kamu dihadapkan sama sebuah masalah, maka seseorang "dipaksa" melihat letak kesalahan dan menemukan jalan keluarnya
3. KREATIVITAS, ORISINALITAS, DAN INISIATIF
kreativitas diperlukan diberbagai bidang dan biasanya meliputi 5 hal yang terkoneksi: inisiatif, kreatif, tanggung jawab, kemandirian, dan orisinalitas
inisiatif : kemauan untuk mengambil tanggung jawab / resiko
kreatifitas : cara munculkan ide baru dan pas lagi dipraktekkinnya
tanggung jawab : pengambilan keputusan atas ide yang dibuat
kemandirian : biar gak bergantung dengan orang lain
terakhir, orisinalitas : lainnya ide-ide kreatif ATM alias amati, tiru, modifikasi :)
4. KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL INTELLIGENCE)
gak jarang dari orang-orang cuma fokus sama kecerdasan yang diukur dari satuan nilai, padahal kecerdasan emosi itu penting lho. pengendalian emosi didunia kerja sangat menentukan diri kamu ditempatkan dilingkungan seperti apa, selain itu kamu dapat menemukan hambatan, bisa mengeluarkan ekspresi atau rasa peka disaat harus berhubungan dengan orang lain
5. KEPEMIMPINAN DAN PENGARUH SOSIAL
cara kamu menjadi pemimpin dalam suatu organisasi atau komunitas (mempunyai kekuatan mempengaruhi orang lain alias social influence) yang baik
0 Comments